Jurnal Event: Kongres Ibu Pembaharu

Posted: November 2, 2021 in Uncategorized

Kongres Ibu Pembaharu berlangsung selama 3 hari yaitu di tanggal 28, 29 dan 30 Oktober 2021. Kongres Ibu Pembaharu yang akan diadakan pada bulan Oktober memiliki kesamaan semangat dengan Kongres Perempuan I pada tahun 1928, dimana para tokoh perempuan hebat memperjuangkan peran dan kontribusi para perempuan terhadap bangsa dan negara. Event ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswi di kampus Ibu Pembaharu yang merupakan calon inovator sosial dengan projectnya masing masing untuk berkolaborasi bersama tim dengan kesamaan SDGs.

Tim Ibu Berdaya berkesempatan berkolaborasi dengan tim lain dalam kelompok Ekonomi 3 yang kemudian kami beri nama MerFina, sesuai dengan goal semua tim untuk Merdeka Finansial. Tim Merfina terdiri dari 9 tim yaitu: Seruni, Mantu Manis, Dariku, Seutas Tali, Nugraha Family, Trio Multitasking, Ibu Berdaya, Fumali dan Tim Keluarga Samawa. MerFina diketuai oleh Mbak Ruy dari Seruni dan merumuskan tagline Perempuan Berdaya, Ekonomi Berjaya.


Goals masing masing Tim

  1. Seruni9
    Menjadi tempat untuk para perempuan belajar bisnis mulai dari nol, mengembangkannya dalam 5 sektor bisnis UMKM yaitu sektor kuliner, pendidikan, agribisnis, fashion dan industri kreatif.
  2. Tim Keluarga Samawa
    Tujuan kami yaitu untuk bisa menambah keuangan keluarga kami dengan cara membuat klinik umum dan klinik khitan kami menjadi usaha yang bisa membantu masalah keuangan keluarga kami menjadi klinik yang besar dan bermanfaat bagi semua
  3. Nugraha Family
    Mengembangkan bakat keluarga desain grafis dengan 4E, meluaskan manfaat menjadi karya yang menghasilkan (mandiri finansial)
  4. Seutas Tali
    Ruang belajar dan berbagi untuk menciptakan kesehatan financial dalam keluarga dan masyarakat luas melalui pengembangan ekonomi kreatif
  5. Trio Multitasking
    Goals menjadi penyemangat wanita tangguh walaupun dengan segudang kegiatan bahkan mengerjakan kegiatan dalam satu waktu bersamaan tetap produktif untuk mencapai kebahagiaan yg secepatnya dan juga kebahagiaan finansial
  6. Mantu Manis
    Memberi manfaat melalui medsos bagi masyarakat terutama ibu pebisnis dengan harapan agar ibu tetap bahagia menjalankan bisnis online seimbang antara domestik dan bisnis
  7. Ibu Berdaya
    Meningkatkan skill kewirausahaan melalui pelatihan online via zoom dengan menghadirkan praktisi bisnis. Dengan sinergi para pemateri yang bersedia berbagi ilmu dan pengalaman, tim yang bergerak menyediakan ruang belajar dan peserta yang saling support dan berjejaring, diharapkan akan terjadi sinergi untuk transformasi sesuai dengan tagline dari Ibu Berdaya.
  8. Dariku
    Mempunyai bisnis online yang dikelola bersama keluarga berdasarkan hobi yang digemari.
  9. Fumali
    Mempunyai rumah makan yang berprogam berbagi sesama,sepekan sekali berbagi makan gratis dan semisalnya kepada orang yang membutuhkan dan menjadi salah satu donatur.

Selama 3 hari pembuatan video kami intens berkomunikasi. Dimulai dari perkenalan, pembagian peran dan menentukan nama dan slogan tim. Pada hari pertama kami bahkan berdiskusi sampai tengah malam dengan saling mengingatkan apa saja yang harus diisi dan bagian mana yang perlu dilengkapi.


Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik dari semua pihak, kami berhasil menyatukan gagasan menjadi 3 video mengenai akar masalah yang kami angkat, project yang kami kerjakan dan goal yang ingin dicapai bersama. Di video ketiga para leader tampil menyampaikan tentang project dan goal masing masing. Kami berharap kolaborasi ini membawa dampak yang kebermanfaatan yang lebih besar ke depannya. Aamiin.

Video hari pertama bisa dilihat di sini.

Video hari kedua bisa dilihat di sini.

Video hari ketiga bisa dilihat di sini.

#jurnalevent
#kongresibupembaharu
#aksiuntuksolusi
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestakaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

Leave a comment