Essay FIM 10

Posted: July 1, 2011 in My Thoughts

A. Tuliskan pendapat Anda mengenai kewirausahaan

Ada satu pernyataan dari Ibu Nining Indriyono (pendiri UKM Center FE-UI) bahwa pengusaha adalah pahlawan bangsa. Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Karena pengusaha itu mandiri, tidak menjadi beban Negara ditengah-tengah banyaknya arus pengangguran sekarang ini. Pengusaha juga membantu menciptakan lapangan pekerjaan dan menambah perdapatan per kapita Negara.

Kewirausahaan berarti suatu keberaniaan untuk berusaha. Suatu keberanian untuk menangkap peluang, memecahkan masalah dan terus berinovasi. Kewirausahaan berarti proses belajar terus menerus karena setiap saat seorang pengusaha akan dihadapkan pada permasalahan yang berbeda-beda sehingga dia dituntut untuk selalu belajar, berkembang dan berinovasi. Bisa dikatakan seorang pengusaha harus selalu bertumbuh dan berkembang jika ingin survive. Dia harus tanggap dengan kondisi dan tren karena pasar selalu berubah.

 Kewirausahaan berarti pemberdayaan. Salah satu sorotan saya saat ini adalah munculnya istilah”Social Entrepreneur” yang saya dapat saat menghadiri Ashoka Summit kemarin. Jenis wirausaha ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat, biasanya komunitas. Kewirausahaan social dan kewirausahaan secara umum pasti terkait dengan konteks pemberdayaan karena selain dari segi financial, seorang pengusaha juga akan berbagi segala hal tentang skill dan pengetahuan. Sering saya dengar istilah “sukses bersama” yang berarti jika suatu usaha/perusahaan harus mempunyai visi yang sama, saling belajar dan mengispirasi, melangkah dan berkembang bersama sehingga akhirnya bisa mencapai sukses bersama.

 

B. Uraikan pengalaman kewirausahaan yang telah dan/atau akan Anda lakukan,

2 tahun lalu saya memulai usaha pertama dengan mendirikan warnet. Saat itu Blora warnet masih jarang. Saya mulai dengan modal seadanya (waktu itu 4 unit). Banyak kendala teknis diawal. Saya yang tidak paham masalah IT sempat dibuat kelabakaan diawal sehingga sangat tergantung kepada teknisi. Tapi setelah melalui berbagai proses belajar sedikit banyak mulai bisa diatasi sendiri. Warnet tersebut bertahan sampai sekarang meski manajemennya sudah saya serahkan sepenuhnya kepada keluarga untuk pengelolannya. Dari sini saya menemukan bahwa jika sistem sudah terbentuk maka bsnis akan bisa mandiri.

Bisnis kedua saya adalah“Mulatto Coffee”. Ini adalah usaha bersama dengan 2 orang rekan saya, Bagus Hanni Pradana dan Rizki Kurnia Kusuma, setelah mengikuti lomba Ide Bisnis yang diselenggarakan KNPI-JCI Desember2009. Dari sini saya belajar tentang pentingnya profesionalisme, persamaan visi dan pembagian jobdesk.

Usaha yang sekarang sedang menjadi focus saya adalah Mahatma Ecotravel. Mahatma merupakan bisnis bersama dengan 3 orang rekan saya: Cresti Eka Fitriana, Dini Hajarahmah, Enggi Dewanti, sejak Maret2010. Kami menyediakan jasa waket wisata ke tempat yang masih jarang dikunjungi, seperti: Karimun Jawa, Sempu, Badui, dll. Dengan tagline “Travellingthat save the planet and people”, kami ingin melakukan konservasi lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal. Saat ini kami berfokus pada pengembangan system dan manajemen.

Saat ini saya juga sedang belajar di bidang yang baru yaitu infrastruktur (pengadaan barang & alat) dengan “CV Mahardika” (dalam proses melengkapi perijinan).

C. Motivasi mengikuti Pelatihan

Forum Indonesia Muda X merupakan kesempatan menarik bagi saya untuk menimba banyak hal. Saya yakin ada banyak pembelajaran mulai dari softskill dan networking. Acara ini juga membantu saya menemukan satu komunitas yang terdiri dari berbagai latar belakang namun memiliki satu visi yang sama yaitu: Indonesia yang lebih baik.

Begitu tahu acara ini bertema leadership and entrepreneurship langsung terbayang bahwa saya akan belajar banyak tentang 2 kunci sukses tersebut. Selain itu saya akan mendapatkan berbagai pengalaman dan skill lain. Harapannya apa yang saya dapatkan di event ini akan bisa saya aplikasikan ke skala yang lebih kecil terutama didaerah saya sehingga semangat, visi dan tekad bersama yang telah terbentuk bisa ditindaklanjuti.

Yang tidak kalah penting tentu saja networking. Forum Indonesia Muda merupakan ajang yang tepat untuk bertemu dengan jaringan pemuda Indonesia yang enerjik, mau belajar, siap dibentuk dan memiliki semangat yang sama untuk Indonesia. Sehingga diharapkan selanjutnya terjadi interaksi dan melahirkan berbagai aksi positif.

Saya sangat berharap menjadi bagian dari keluarga Forum Indonesia Muda. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya komunitas positive ini baik ditingkat nasional maupun regional, terutama menyebarkan semangat entrepreneurship, seperti: training, FGD, pelatihan/seminar, informal sharing, dll. Dengan komunitas kita memiliki kekuatan untuk bersama melakukan aksi nyata for Better Indonesia.

(essay ini di tulis dalam rangka pendaftaran FIM10)

Leave a Reply

