TUMBLER ROCK ( Langkah termudah yaitu memulai dari diri sendiri)

Posted: June 30, 2011 in CEO point of view, Environmental Issues

Adakah yang tahu sisa botol air minum yang kita pakai akan di gunakan untuk apa?  Berapa persen yang dapat dimanfaatkan, dan berapa persen pula yang terbuang? Klo anda belum tahu, ayuk kita hitung bersama. Caranya?? Terserah anda…karena kata orang “ banyak jalan menuju roma” Bisa??

Pernahkah juga kita menghitung berapa banyak konsumsi air minum dalam kemasan ( AMDK) yang kita konsumsi dalam seminggu, sebulan dan setahun?? Katakanlah, setiap hari kita mengkonsumsi 1 botol AMDK, jadi setiap harinya kita menghasilkan satu sampah botol, satu bulan yakni 30 botol, dan setahun 365 botol. Kalikan dengan jumlah manusia yang ada di bumi, OK…6 Miliyard orang, terlalu susah?? Ok…kita perkecil, menjadi 230 juta orang sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia, waow …luar biasa dalam satu tahun mencapai 83 miliyard botol. Bisa membayangkan berapa ratus hektar untuk menampung sampah botol tersebut.

Bisa di bayangkan ! Sungguh indah jika di lihat  dari goegle earth,tumpukan botol ada dimana mana dengan berbagai merek dan bentuk, yup…mungkin sebutan buat negara kita tidak lagi RI tapi menjadi Republik botol.

Pertanyaannya, adakah dampak negative yang di timbulkan dari sampah botol plastik tersebut? Sampah botol plastik merupakan salah satu momok bagi lingkungan. Botol plastik merupahan bahan yang tidak dapat terdegradasi secara alami oleh alam, sehingga keberadaanya akan menjadi barang pencemar. Contoh yang bisa kita lihat yaitu, menurunnya kualitas peairan akibat dari tumpukan sampah botol plastik yang mengendap di sungai-sungai perkotaan. Selain merusak estetika, tumpukan sampah ini juga menjadi sumber dari segala sumber penyakit dan tentunya penyebab utama banjir.

Lalu apa yang dapat kita lakukan? Apakah kita harus menggunakan ulang botol plastik yang kita pakai? Bisa…tapi tidak di anjurkan? Kenapa?? Botol plastik air minum yang di jual di pasaran umumnya di desain untuk sekali pakai. Makanya botol plastik AMDK tesebut di buat dari bahanpolyethylene terephthalate or PET, sejenis bahan plastik yang mengandung karsinogen dan mudah terurai jika terkena sinar matahari. Apabila karsinogen tersebut masuk dalam tubuh, akan menjadi toksik dan akan berbahaya bagi tubuh. Efek yang kita rasakan tidak akan seketika, tetapi akan terasa pada saat 5-10 tahun setelahnya. Bagaimana? Masih ingin mencobanya??

Adakah cara yang termudah yang bisa kita lakukan? Ada..caranya kita harus memakai tumbler. Apa itu tumbler? Tumbler adalah botol air minum yang fleksibel bisa kita gunakan kemana-mana. Beraneka macam bentuk dan harganya, sesuai dengan meek dan kualitas yang di inginkan. Saran saya, gunakanlah tumbler sesuai dengan kebutuhan, tidak harus mahal, tetapi yang utama yaitu esensi pemakaian tumbler itu sendiri.

Mengapa harus tumbler? Pemakian tumbler memiliki berbagai benefit, selain cara untuk berhemat, memakai tumbler dapat menguarangi sampah dan penyebab pencemaran. Para pemakai tumbler tidak akan direpotkan dengan membeli AMDK, sehingga waktu activity mereka tidak akan terganggu. Bayangkan, berapa juta botol plastik yang bisa kita hemat jika kita memakai tumbler.

Sudah tidak jamannya lagi mengganggap untuk menyelamatkan bumi harus dengan tindakan yang besar, menanam 1 juta pohon atau berhenti sama sekali tidak memakai kendaraan !! Bersahabat dengan alam tidak harus dengan sesuatu yang ekstrim, tetapi dapat kita lakukan dari sesuatu yang kecil, contohnya memakai tumbler dan dapat kita mulai dari diri kita sendiri. Sesuatu yang kecil tersebut, jka menjadi sebuah gerakan yang massif dan  besar, tentunya akan memiliki impact yang besar pula.

Bagaimanapun manusia mempunyai ketergantungan terhadap teknologi. Pada hakikatnya teknologi bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup manusia dan membuatnya lebih efektif, efisien dan tentunya mudah. Kita tidak bisa melawan pembangunan, yang kita lakukan hanyalah berteman.

Smart ways to go green life style !

Ayo pakai tumbler !!!

Didik listi abi

Project officer CEO semarang

Originally posted in: http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150186516906890

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s