Leaf for Life

Posted: June 30, 2011 in CEO point of view

Bumi Makin Panas.

Istilah ini dulu pernah sangat terkenal di tahun 80an karena film kontroversial yang dibintangi artis panas kala itu,Eva Arnaz.  Hehe.. Well..

Namun kemudian,istilah ini menjadi benar2 terkenal secara harfiah di awal tahun 2000 karena sebuah isue yang menarik perhatian hampir seluruh masyarakat dunia. Isue yang membuat banyak orang meramalkan hari kiamat. Ya,isue itu adalah Global Warming.

Isue Global Warming membuat penduduk dunia terus berlomba2 melakukan aksi hijau untuk mengurangi dampak global warming yang terus terjadi. Jika dirunut dari sebab awalnya, salah satu faktor penyebab global warming adalah semakin berkurangnya lahan hijau di bumi kita. Negara tropis dan berkembang seperti Indonesia,lagi2 menjadi sasaran tembak kesalahan atas pemanasan global yg terjadi saat ini.

Sebagai penyumbang lebih dari 50 persen hutan sbg paru2 dunia. Kebakaran hutan dan pembalakan liar yg terjadi di hutan hujan tropis di negara2 tropis spt Indonesia dan Brasil telah dianggap sebagai salah satu penyebab utama global warming. Akibatnya,banyak negara2 maju yg mulai mencoba memanfaatkan kondisi ini in the name of saving the earth and bla bla bla. Well,let’s just done with it and back to the core prob.

Lalu,sebenarnya apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global ini. Kita cuma manusia biasa. Bukan pemerintah. Bukan stakeholders. Bukan konglomerat. Bukan ahli lingkungan. Apa kita juga bisa mengurangi global warming??

Jika pertanyaan dan pernyataan itu yang ada di benak kalian.. Let’s just get rid of it everyone..

Setiap orang bisa berbuat sesuatu.

Meskipun dampak dari global warming terus meluas dan makin jelas terasa..tapi setidaknya,kita masih bisa berbuat sesuatu kok untuk membuat bumi kita lebih sejuk. Sesuatu ini mudah dan bisa dilakukan semua orang. We don’t even need big expense to do that.

Pertama. Tanam pohon. Iya,sesuatu yang pertama itu adalah tanam pohon. Kalau pohon yang kalian maksud adalah pohon mahoni atau pohon sangon. Well,I really have to say..don’t think that far!!

Tanam pohon apa saja. Mulailah dari lahan kosong di pekarangan rumah kalian. Cabai,bunga2an,mangga,rambutan..name it. Apapun itu,setiap pohon yang kalian tanam adalah tambahan nyawa bagi bumi ini. Manfaat yg bisa didapatkan juga tidak hanya itu,memanfaatkan lahan kosong di rumah kita untuk menanam tanaman bisa juga untuk penghematam. Beberapa bulan lalu,ketika harga cabai naik,ibu2 rumah tangga mulai panik dan menjerit. Hal ini tentunya tidak akan terjadi kpd mereka yg mempunyai tanaman cabai sendiri di pekarangan rumah mereka.

Kedua. Setelah menanam. Yang harus kita lakukan adalah menyayanginya. Rawat sebaik2nya tanaman yang kita tanam dan jangan menyianyiakannya begitu saja. Guru biologi SMP saya pernah berkata.. Dari setiap daun yang kamu petik sembarangan tanpa alasan yg jelas,artinya kamu telah mengurangi banyak gas oksigen yang ditawarkan kpd bumi kita dan kalian juga akan menghilangkan manfaat yg ditawarkan oleh dedaun itu. Mungkin ini sepele,tapi teman2 sekalian patut menjaga tangan kalian agar tidak jahil dan sembarangan memetik dedaunan di pinggir jalan yaaa..

Jadi,last but not least.. Mari kita lakukan hal kecil dimulai dari diri kita untuk membuat bumi ini semakin sejuk dan tidak panas. Tanaman itu banyak manfaatnya hlo. Asal tetap ingat,jangan menaruh tanaman di dalam ruangan pada malam hari ya. Hehe.

Salam Hijau!

Fany Ayuningtyas

Human Resource Development Director

Care Environmental Organization

Originally posted in http://careenvironmentalorg.wordpress.com/2011/06/05/leaf-for-life/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s